Daihatsu Gran Max Minibus baru dengan interior yang dirancang fungsional dan modern dengan pengoperasian yang praktis dan ergonomis
Dengan mesin 13. DOHC & 1.5 DOHC VVT-i, irit, bertenaga dan ramah lingkungan. Suspensi dengan sistem 5-link dan per keong, satu-satunya di kelasnya. Tahan banjir dengan posisi air intake di atas, sehingga mampu melewati genangan hingga 600 mm.
Fitur Power Steering yang membuat ringan di putaran dan belokan, Tachometer dengan panel lengkap dan mudah dibaca, Central lock yang aman dan praktis, Radio Tape Modern dengan suara berkualitas, serta Dashboard canggih dengan desain model baru yang modern.
*untuk tipe tertentu
Interior
Kapasitas ruang kabin yang luas dikelasnya, dengan konfigurasi tempat duduk yang mudah diatur memberikan manfaat yang semakin MAXimal!
Exterior
Semi Bonnet, body aerodinamis, aman dan mudah dalam perawatan.
Sliding Door, mudah keluar masuk penumpang dan barang di kedua sisi.
Tuas Transmisi yang ergonomis dan modern
Daihatsu Gran Max Minibus 1.5 D PS
Dimensi (P x L x T) 4.045 x 1.665 x 1.900 mm
Wheelbase 2.650 mm
Radius putar min. 4,7 m
Tipe mesin KSZ-VE, DOHC VVT-i
Kapasitas 1.495 cc
Tenaga maks. 96 hp/6.000 rpm
Torsi maks. 135 Nm/4.400 rpm
Kapasitas tangki 43 liter
Rem depan Cakram berventilasi dengan booster
Rem belakang Drum, leading & trailing
Suspensi depan Mac Pherson strut dengan per keong
Suspensi belakang 5-link, rigid-axle dengan per keong
Velg dan ban Alloy 165 R13-C
Melihat tampilan Gran Max pertama kali, ingatan kami langsung menerawang pada MPV masa kini yang desainnya sedang tren di Jepang. Memang secara umum banyak kalangan yang menyebutkan bahwa tampilannya agak sedikit ‘kaku’, namun secara fungsi dan nilai ergonomika desain ini memiliki beberapa nilai plus. Boleh dibilang dengan mengusung desain ini, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) mencoba mengakomodir kebutuhan keluarga Indonesia yang menginginkan kendaraan multifungsi. Dan memang pasar minibus memiliki demand yang sangat besar di tanah air. Selanjutnya mari simak pengujian produk ekspor Daihatsu ke Jepang yang dibanderol dengan harga di bawah Rp. 114 juta ini.
Kembali berbicara desain, setelah kami amati bentuk Gran Max jauh dari kata proporsional. Terlihat mulai dari lekuk semi bonnet yang ‘pesek’ dan seperti memiliki level agak datar pada bagian tengahnya. Di balik bonnet bukan merupakan kompartemen mesin melainkan diisi oleh radiator, karena memang penempatan mesin Gran Max ada pada bagian bawah bangku baris depan. Bonnet model ini memiliki kelebihan pada jarak pandang pengemudi yang bisa maksimal mengamati keadaaan sekitar ketika berkendara.
Selanjutnya, pilar A dibuat sedikit landai dan diteruskan dengan tarikan garis lurus cenderung kotak pada bagian buritannya. Kombinasi tersebut yang membuat desain Gran Max secara keseluruhan menjadi kotak. Pada bagian samping tampak dua buah pintu geser dengan bentuk yang cukup besar menyesuaikan dengan bodi dari Gran Max. Hal ini membuat akses keluar masuk penumpang dan barang menjadi mudah.
Secara dimensi Gran Max memang diciptakan untuk keluarga besar, dengan dimensi panjang 4045 mm, lebar 1665 mm serta tinggi 1900 mm. Sudah dapat dibayangkan minibus ini mampu mengangkut seluruh keluarga dengan segudang barang bawaan. Dan menurut klaim ADM, bukan masalah bagi Gran Max untuk mengangkut barang beban (penumpang dan barang) hingga 1 ton.
Beralih ke interior, Gran Max memiliki kabin cukup lega, 9 - 11 penumpang dapat naik secara bersamaan dengan komposisi 2 + 3 + 6. Selain bagi penumpang, baris ke-2 dan 3 dapat difungsikan untuk mengangkut barang dengan melakukan pelipatan kursi.
Desain dashboard tergolong sederhana namun didesain sedemikian rupa sehingga cukup menarik dengan panel operasional yang fungsional dan mudah dijangkau. Kebanyakan pengendara mungkin bisa langsung akrab dengan fitur-fitur yang ada dan penempatannya terpusat pada bagian tengah dashboard seperti tuas transmisi, control AC serta radio/tape.
Setelah sabuk pengaman terpasang dan mengatur posisi drive yang pas pada kursi serta jarak pandang ke belakang melalui spion, BeritaATPM.com melakukan pengujian. Seluruh kondisi jalan dan pengendaraan adalah target yang harus dicapai guna mengetahui ketangguhan. Untuk pengendaraan dalam kota, Gran Max dirasakan cukup lincah, kuncinya adalah menjaga rpm pada putaran menengah atas. Kinerja suspensi juga terbilang cukup baik dengan karakter medium. Terbukti saat melewati jalan berlubang guncangan yang dihasilkan tidak terlalu mengganggu kenyamanan kabin.
Masuk ke jalan bebas hambatan pedal gas langsung ‘dibejek’ dalam-dalam. Gran Max yang ditenagai dengan mesin 3SZ VE VVT-i berkapasitas 1,5 L dengan keluaran tenaga 95 hp pada 6.000 rpm dan torsi pucak 134 Nm pada 4.000 rpm dapat berakselerasi maksimal. Stabilitasnya juga dirasakan baik, hal ini merupakan sesuatu yang positif dimana sistem suspensi dapat mengimbangi desain Gran Max yang tinggi dan memiliki aerodinamika yang cukup baik. Demikian juga kinerja rem membuat Gran Max dapat dikendalikan dengan baik. Sedikit masalah timbul adalah raungan mesin dan ban saat kecepatan rata-rata di atas 80 km/jam. Hal ini memang sudah menjadi kekurangan kendaraan dengan mesin di bawah kabin, namun yang terjadi pada Gran Max masih dapat ditoleransi.
Konsumsi bahan bakar juga menjadi perhatian utama dalam pengujian. Dan setelah melakukan perjalanan lebih dari 200 km dengan beragam kondisi, tercatat konsumsi bahan mencapai 12,2 km/liter melalui metode full to full.
BeritaATPM.com berkesimpulan mobil ini memang bisa menjadi pilihan sebagai kendaraan keluarga multifungsi yang sangat efektif di samping harga yang cukup ekonomis. Kami menyebutnya Maximum For All.